Rabu, 28 Maret 2012

Hutan hujan tropis di tengah kota

Salah satu gerbang depan SBG
Orang- orang biasanya ke Singapura untuk ke sentosa island (universal studio,) mencoba Singapore flyer, nonton konser, atau kebanyakan orang Indonesia lebih suka wisata belanja, maka saya mencoba alternative baru yaitu pergi ke kebun raya singapura. Sudah banyak yang protes, mengapa juga jauh-jauh ke singapura hanya untuk pergi ke kebun raya? Bukankan selain Kebun raya Bogor lebih lengkap, toh juga keseluruhan Singapura sendiri seperti sebuah kebun raya raksasa. Prinsip saya khan ‘do not wrong is do nothing”, bahkan juga dalam hal jalan-jalan.

Singapura Botani Garden, adalah nama dari apa yang saya sebut tadi kebun raya . Didirikan oleh Stamford Raflesh di tahun 1822 orang yang sama yang menata kebun raya Bogor  Awalnya Raflesh membuat taman untuk mengumpulkan, menumbuhkan, dan menyebarkan bibit tanaman holtikultura & tanaman penting lainnya seperti sayur, buah, dll tetapi lama – kelamaan kebun ini berkembang menjadi sebuah hutan hujan tropis di tengah kota. SBG membuat Singapura menjadi salah satu dari dua kota metropolitan dunia yang memiliki hutan hujan tropis di pusat kotanya, selain Rio de janeiro (CMIIW). SBG juga telah sukses menjalankan project menghijaukan seluruh sudut Singapura.

Beberapa hal yang menarik di Singapura botani garden adalah :
Swan lake
1. Swan lake : sebuah kolam yang sama tuanya dengan keseluruhan taman, dengan beberapa angsa putih asal Amsterdam (saya hanya melihat 2 pasang angsa) berukuran besar didalam kolam yang bersimbiosis, dengan ikan-ikan besar penghuni kolam itu berikut dengan kura-kura.

2. Ginger park : Saya tak pernah membayangkan bahwa jahe- jaheaan adalah tanaman yang cocok dan bagus  ditanam di taman
3. Evolution garden : sebuah pedestrian dibangun untuk menyusuri taman- taman yang disusun berdasarkan urutan waktu evolusi di bumi. Sebagai awalah adalah tumbuhan di air, lalu diikuti tumbuhan paku-pakuan hingga muncul hutan hujan tropis, sangat - sangat bagus untuk yang belajar evolusi tumbuhan.
4. Orchid garden : laksana sebuah bank anggrek, tempat pengumpulan, & pembibitan ratusan jenis anggrek yang memang dianggap sebagai bunga nasional Negara Singapura. Hey anggrek khan juga bunga nasional Indonesia… kita punya taman anggrek selengkap ini gak?
Symphoni lake
5.Symphoni lake. terdapat sebuah panggung di kelilingi danau dan bukit hijau …. sangat-sangat keren jika ada pertunjukan music klasik disana
6.Eco lake : sebuah tiruan ekosistem pesisir, lengkap dengan hutan bakau dan bebek-bebek liar, mungkin lebih lengkap lagi kalo isinya buaya!

Luas Singapore botani garden “hanya” 74 hektar, kebun raya bogor memang  lebih besar, alami, dan atmosphere hutan di kebun raya bogor jauh lebih “pekat”. Tetapi SBG  memiliki keunggulan, dalam segi penataan, dan konsep. Simak saja masing- masing taman punya section, yang bisa membuat para pengunjungnya belajar mengenai tanaman, laksana bab dalam suatu buku. Jika bingung, ada banyak brosur, papan penunjuk tersebar di seluruh kebun, atau pengen informasi lebih lengkap lagi kunjungan Botany center. Capek, kepanasan? air minum ada dimana-mana tak perlu mencari penjual air minum (hihihi entah nyambungnya dimana?)
Evolution garden
Yang menarik…? semua fasilitas  disana gratis, kecuali orchid garden (bayar USS 5). Yang unik pula,  saya tak menjumpai ada orang pacaran disana seperti halnya kebun raya di Indonesia. Mungkin karena saya tak tahu lokasi pacaran yang tepat disana dan Mungkin juga karena itu pertumbuhan penduduk Singapura jauh lebih rendah dibanding Indonesia (hehehehehe). Kebun dipenuhi turis, orang tua, dan anak-anak yang memang datang ingin menikmati suasana kebun. Yang unik lagi anjing diperbolehkan masuk tapi tidak boleh buang air besar maupun kecil… bagaimana mereka bisa melakukannya ya? Tempat itu memang bersih,bahkan tempat yang jauh dari tempat sampahnya pun tetap bersih.
Jika Singapura punya kebun sebagus ini, dan bisa “membuat pintar pengunjungnya” berarti ada banyak ahli tanaman lahir disana …. Siapa mereka?

2 komentar:

  1. Lebih bagus mana kebun raya bogor dengan kebun raya di singapura bro? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo saya jelas pilih kebun raya bogor ;)

      Hapus