Jumat, 18 Mei 2012

Belanja di Singapura

Bagi orang Indonesia Singapura adalah surganya belanja. Memang pemerintah Singapura sepertinya berupaya keras menarik pembeli luar negeri dengan mengadakan berbagai event seperti Singapore Great sale. Konon selain lengkap dan update koleksi barang-barang di Singapura tergolong murah. Saya bilang “konon” karena saya buta dengan tetek bengek perbelanjaan. Bukan anti belanja, saya masih normal dengan suka belanja tetapi dengan era pasar bebas dan belanja on line ini apa kita masih harus bepergian jauh untuk belanja. Selama di singapura saya pergi ke 3 tempat belanja, yang katanya tempat belanja wajib dikunjungi :

1. Orchard road :
Orchard road
Sepanjang orchard road terdapat mall, & berbagai outlet brand terkenal, banyak yang bilang barang brand disini murah, dan lengkap (Semurah-murahnya barang brand, pasti mahal di kantongku). Sebagai seorang yang lebih mengandalkan fungsi dari pada brand, saya tak bisa membuktikan ini mitos atau fakta. Salah satu favorit saya di Orchard justru bukan belanja tetapi berjalan disepanjang jalanan ini, (kayaknya semua jalan di Singapura sama asyiknya dengan yang disini) 
Orchard road yang menjadi jantung kota (Negara) seharusnya terlihat super macet, ternyata tidak. Lalu lintas disini memang padat, tetapi sangat teratur. Saya tak melihat orang – orang berkendara kesetanan disini, lalu lintasnya sangat-sangat ramah, jauh dari kata brutal seperti di Idnonesia. Tak hanya lalu lintasnya yang super tertib, tetapi juga orangnya. Di sepanjang jalan ini orang – orang merokok hanya di spot-spot tertentu saja (biasanya disekitar tong sampah). Pedestriannya bersih, hijau, (mengingat kondisi pedestrian di Indonesia) membuat orang yang berjalan disana laksana berjalan di karpet merah.
Tempat unik lain di Orchad road adalah tempat itu masih menyimpan “sudut tuanya”. Sebuah kampung dengan bentuk model bangunan kuno (tapi tak kumuh) masih berdiri di tengah deretan bangunan jangkung nan modern
"Kampung tua" di tengah Orchard road
2. Little India,
Sesuai namanya tempat ini seakan menjadi, miniature India (kayak yang pernah ke India saja hehehehe). Begitu menginjakkan kaki disana, kita sudah disuguhi aroma rempah-rempah & bau bunga yang menjadi khas India. Di kiri kanan jalan akan kita jumpai deretan penjual bunga, rempah, makanan, cd, dvd film India, dengan alunan music India membahana dari masing- masing toko, mirip seperti apa yang saya lihat di film India.Eh walau padat tetapi tempat ini terlihat minus keruwetan.
Little India
Little india adalah kawasan komunitas India. Komunitas India mayoritas beragama hindu, walau tak sedikit yang muslim. Di Little India kita akan melihat Kuil hindu Sri mariamman yang berdiri berdampingan dengan Masjid Jammi chulia. 
Tempat belanja? Salah satu iconnya adalah Mustafa center, disini dijualberbagai aksesoris, perhiasan, baju hingga makanan, kondisinya mirip miniatur tanah abang, tetapi dengan konsep swalayan. Tempat ini cocok untuk membeli oleh-oleh makanan Kita bisa mendapat harga coklat bermerk lebih murah hingga 40% dari outlet di mall – mall. Jangan takut kehabisan dolar singapura, di pintu masuk Mustafa center terdapat ATM, hingga money changer. 
Di luar Mustafa center saya menemukan toko yang mengklaim dirinya sebagai toko paling murah seSingapura, tetapi rasanya untuk beli aksesoris, kaos, dan lain-lain. Lebih murah di China town.

3. China town
Captain Haddock & Tintin
Seperti namanya, suasana ditempat ini seperti di China., dengan deretan penjual makanan, aksesoris, kaos, dll, berhias lampion. Dibanding Mustafa center apalagi orchard road, kita bisa mendapat berbagai macam oleh – oleh  dengan harga jauh murah, tetapi jangan nanya kualitas, namanya juga barang KW dari China, dan oleh-oleh khan yang penting kuantitas, bukan kualitas (hehehehehe).  Disana anda bisa mendapat kaos seharga 10 dolar (/3 biji), Jam tangan seharga 4 dolar!, dan pin/gantungan kunci seharga 2 dolar (/6 biji). (1 dolar +Rp.7300,-).
Mendengar kata “Chinatown”, kami mengharapkan berjumpa sebuah pagoda kuno, ternyata kami malah menemukan Kuil Hindu seperti di Little India. Disini saya berjumpa dengan gadis India berjilbab berkain sari tercantik yang pernah saya lihat dan cukup menyesal tidak punya keberani untuk menyapa. hiks. Di China town terdapat sebuah toko wajib dikunjung, (*lupa namanya) disini dijual semua komik, film dan berbagai pernak-pernik Tintin (apakah ada toko sejenis di Idonesia?)
Ada yang mau oleh-oleh dari toko ini?
Selain Ketiga tempat tersebut, tempat belanja murah meriah katanya juga ada di Kampung Bugis, sayangnya kaki dan usia sudah tidak bisa diajak kompromi.  Selain 3 tempat itu, tempat favorit saya untuk belanja justru ada di Ikea. Ikea ini sebuah toko, kalo di indonesia seperti Ace hardware, menjual berbagai perabotan dan pernak-pernik rumah dengan desain yang sangat unik, dan harga yang masuk akal (karena produknya didesain di Eropa & dibuat di China, Vietnam, & Indonesia). Di pintu masuk kita disuguhi berbagai desain interior rumah kecil, memberikan inspirasi awal kita untuk berbelanja. Konon Ikea akan membuka oultenya di Indonesia 2014 nanti.
Seperti di Indonesia, terdapat pajak (PPN) 10% setiap barang yang kita beli. Pajak ini dikenakan untuk orang singapura, bukan orang asing. Jadi jika anda belanja, perhatikan struk anda, dan anda bisa mengklaim dan mendapatkan uang pajak anda kembali. Bagaimana caranya? Ada banyak brosur yang menjelaskan tersebut di terminal kedatangan Changi. Beberapa tempat belanja menyediakan tempat klaim uang kembali, seperti di Mustafa center, dan di tempat keberangkatan Bandara Changi. Tetapi saya tidak melihatnya di China town, bahkan saat belanja di China town saya tidakmendapat struk untuk bisa saya klaimkan.
Dan yang terakhir, walau dapat "barang murah" di Singapura, anda jangan cepat berpuas hati dulu karena bagitu sampai Bandara di Indonesia, Petugas Bea cukai sudah siap memeriksa barang bawaan anda, dan mengenakan pajak tambahan!

Ringkasnya :
1. Belanja barang bermerk, ke Orchad
2. Belanja yang lebih murah atau belanja oleh-oleh makanan ke Mustafa center,
3. Belanja barang-barang KW 2 atau belanja oleh-oleh aksesoris & kaos : ke China town
4. Belanja pernak-pernik bagus dan murah ke Ikea.
Selamat berbelanja.

1 komentar: