Kamis, 29 Desember 2011

Laguna helau - Krakatau Trip

Mengeksplore teluk lampung memang tidak pernah ada habisnya, kali ini saya dan 11 teman lain (dan mereka terpaksa setuju disebut tim #Piknikhore) pergi ke Kalianda dan anak gunung Krakatau pada liburan natal 2011 lalu. Kalianda adalah kota kabupaten lampung selatan, terletak di pesisir teluk lampung sekitar 2 jam perjalanan darat dari Bandar Lampung atau 1 jam dari Bakauheni. Di sana kami menginap di sebuah resort yang konon dikelola oleh pemerintah daerah. Lokasinya memang agak sulit ditemukan, tetapi resort ini sudah cukup banyak dikenal. Lokasinya, dari jalan lintas timur Bandar lampung – Bakauheni, belok ke kanan di Polsek Kalianda dengan papan penunjuk SMK 1 kalianda, dari jalan ini sudah cukup banyak tahu lokasi laguna helau, yang ternyata nama resortnya adalah : “ala – ala”. Lokasi tepatnya ada di koordinatnya : S 5 o 42’ 02.7” E: 105o 33’ 37.6”

Apa istimewanya ? kita menyebutnya ini adalah paket hemat dari kalianda resort (krakatoa-nirwana bakrie) dengan hanya Rp. 850 ribu semalam kita sudah mendapat villa berupa rumah panggung dari kayu, di pinggir pantai dengan 4 kamar tidur double size berikut ruang tamu, ruang makan, dapur dan 2 kamar mandi, cukup lapang untuk 8 – 10 orang. (harga dikonfirmasi sendiri ya di  ….). di laguna helau anda mendapatkan pantai berpasir putih  sebagai halaman depan resort anda. Sayangnya tidak semua spot pantai disini anda boleh mandi, karena arus yang cukup deras. 

#Piknikhore datang di laguna helau pukul 15.00 sore, Bukannya bersantai tim #piknikhore justru memilih main volley…. ! maklum jiwa atlet…hehehehe sebenarnya tim yang menang adalah tim yang sukses service saja, karena skill kami yang …*sigh* membuat bola jarang balik lagi. 

Bukan ke pantai jika tak dapat sunset photo session, dan ini  jadi kegiatan tim #piknikhore selanjutnya yang dilanjutkan dengan berenang di pantai, sekali lagi hati2x arus deras. Konon disaat surut anda bisa berburu kepiting disini.

Malam di Laguna helau kami habiskan dengan melakukan Barbeque, sedikit permainan yang *sigh* ....dan berbagi cerita di sekitar api unggun. Btw anda bisa pesan ikan untuk acara barbeque disini, dan mereka punya spot barbeque diantara batu karang dan pohon bakau yang unforgetable.Jika sudah di Laguna helau jangan lupa membeli paket perjalanan ke krakatau.


Pagi hari tim #Piknikhore bertolak menuju dermaga canti yang ditempuh sekitar 1 jam dari tempat kami menginap untuk melanjutkan perjalanan ke anak Gunung Krakatau dengan menggunakan kapal berkapasitas sekitar 15 orang. Perjalanan laut 3 jam akan jadi siksaan bagi orang yang suka mabuk laut, dimana 1 jam perjalanan sebelum sampai ke anak Gunung Krakatau, kapal akan diguncang cukup keras oleh ombak Samudra Hindia.

Di saat kita ke Krakatau, status anak Gunung Krakatau saat itu adalah Siaga (level II) Gunung masih terlihat mengeluarkan asap putih. Walau begitu, gunung masih cukup aman dikunjungi dalam radius lebih dari 2 km dari puncak Krakatau.  Krakatau sendiri setelah meletus tahun 1883, kehilangan 60%  “badannya” dan menyisahkan beberapa pulau vulkanik dan anak gunung. Salah satunya yang paling aktif adalah yang di Pulau Rakata yang kita kunjungi.  Cagar alam Krakatau ini seperti sebuah laboratorum raksasa tentang bagaimana alam bertahan pada bencana gunung berapi yang suatu saat nanti akan saya ceritakan.

Tiba di Pulau Rakata ini, anda akan disambut pantai berpasir hitam, disekeliling pulau terlihat sisa muntahan material letusan yang menjorok ke lautan. Biaya masuk cagar alam ini sekitar Rp.200 ribu per rombongan, dan anda akan ditemani guide. Guide ini sangat dibutuhkan, untuk keselamatan, mengingat yang anda naiki seperti sebuah tumpukan pasir. Tracking di gunung berapi yang baru melertus dan cukup aktif ini sangat menarik, di jalur awal anda akan disambut hutan cemara dan makin ke puncak yang ada hanya lautan pasir hitam. Berjalan mendaki lautan pasir  ini sangat menguras energy, dan perhatikan langkah anda. Yang pasti ada suguhan pemandangan indah dari puncak Krakatau.

Dan sebagai penutup trip kami minggu ini, tim #piknikhore bersnorkling di Pulau Sebuku Kecil. Dalam perjalanan pulang ke dermaga canti, jangan lewatkan spot-spot snorkeling yang menarik yang ada di teluk lampung antara lain lagoan cabe, pulau umang, dan pulau sebuku kecil. Selamat mencoba trip alur kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar